Selasa, 13 Agustus 2013

Eloknya sungai kapuas

SUNGAI KAPUAS , SUNGAI TERPANJANG DI INDONESIA

sungai kapuas ?? pernah dengar gak ?? pasti pernah dunk ....
  Sungai kapuas merupakan sungai yang terletak di pulau kalimantan , dan sekaligus merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Panjang nya mencapai 1.178 km.
Sungai Kapuas merupakan rumah dari lebih 700 jenis ikan dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah. Potensi perikanan air tawar di sungai Kapuas adalah mencapai 2 juta ton. Hutan yang masih terlindungi dengan baik menyebabkan sungai Kapuas terjaga kelestariannya.
sungai kapuas merupakan sungai yang masih di huni oleh beberapa jenis hewan amfibi, salah satunya adalah buaya air tawar. Di daerah sanggau, kelestarian buaya air tawar masih terjaga dengan baik.
Sungai Kapuas tetap menjadi urat nadi bagi kehidupan masyarakat (terutama suku Dayak dan Melayu di sepanjang aliran sungai. Sebagai sarana transportasi yang murah, Sungai Kapuas dapat menghubungkan daerah satu ke daerah lain di wilayah Kalimantan Barat, dari pesisir Kalimantan Barat sampai ke daerah pedalaman Putussibau dihulu sungai ini.



sebagian sungai kapuas , dilihat dari atas
 sungai kapuas memiliki hutan tropis yang masih terjaga dengan baik,penduduk kalimantan masih berusaha untuk menjaganya,serta menerapkan sistim tebang pilih.maksudnya berapa pun pohon yang d ambil,mereka akan menggantinya dengan yang baru, dan dalam mengambil pohon , mereka juga mempunyai kriteria.

APAKAH KALIAN TERTARIK , UNTUK MENYUSURI SUNGAI KAPUAS ????????
" Tunggu ape lagi , jomlah kite same-same , menikmati eloknya sungai kapuas "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar